Festival Morotai untuk menyajikan olahraga air, kegiatan kuliner

oleh -79 views
Pulau Morotai

Berharap untuk menarik wisatawan dari seluruh Indonesia dan luar negeri, Maluku Utara mengumumkan pada Sabtu di ibukotanya Ternate bahwa mereka akan menjadi tuan rumah Festival Morotai.

Festival ini akan berlangsung di Daruba, ibukota Pulau Morotai, dari 2 hingga 8 Agustus, lapor kompas.com.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mengatakan pada hari Sabtu bahwa keputusan untuk membuat pengumuman di ibukota provinsi dapat membantu meningkatkan paparan untuk acara tersebut, terutama di antara penduduk kabupaten dan kota lain di Maluku Utara.

Sementara itu, anggota staf ahli Kementerian Pariwisata Hari Suhendro mengatakan pemerintah sebelumnya menyebut Pulau Morotai sebagai salah satu dari “10 Bali Baru” tujuan, dan ia berharap pulau itu mendatangkan 500.000 wisatawan asing setiap tahunnya.

Namun, Hari mengatakan pulau itu masih membutuhkan dukungan untuk meningkatkan aksesibilitasnya, seperti penyediaan minimal dua penerbangan yang masuk sehari. Adapun saat ini, hanya ada satu penerbangan menuju Pulau Morotai setiap hari.

Hari melanjutkan dengan mengatakan bahwa pengembangan pulau itu sebagai zona ekonomi khusus untuk industri perikanan diproyeksikan untuk membantu meningkatkan pariwisata di Pulau Morotai, maskot resmi yang merupakan paus gomo (Gorango Morotai).